Minggu, 15 Desember 2013

HAMPATONG / STATUE

HAMPATONG /  STATUE
Kayu Wood
Daerah Kalimantan Barat / West Kalimantan
No. INV 6020
Pengertian nya adalah Patung ini Biasanya di gunakan oleh para dukun atau Balian sebagai media untuk mengobati  atau bias di sebut sebagai memindahkan penyakit yang diderita seseorang maupun wabah yang melanda masyarakat.
Alasan saya memilih  Patung Hampatong  / STATUE..????
“Karena saya sangat terkesan oleh orang – orang dulu di jaman dulu aja lum ada yg namanya dokter tapi mengobati sebuah penyakit atau wabah yang melanda masyarakat. Meraka mengunakan sebuah patung  (HAMPATONG)untuk wadah penyakit – penyakit atau wabah yang melanda masyarakat dulu.
Kenapa saya terkeasan…?? ya begituh dah, “jaman sekarang aja teknologi sudah canggih / maju dan alat – alat kedokteran dah bagus tapi masih banyak penyakit – penyakit yang belum bisa di sembuhkan sedangkan orang dulu merekan mengunakan sebuah patung untuk menjadi wadah / memindahkan penyakitnya ke patung




Dan menurut saya patung di atas ini (HAMPATONG) sangat unik seperti patung yg sedang menggendong sesuatu ibarat seperti, sebuah patung yang sedang menggendong penyakit – penyakit seseorang yg di pindahkan ke patung di atas tersebut.
Mohon maff kalau ada kata – kata yang salah. Mohon di maff kan. DAMAI…..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar